RPP IPS 1 Lembar Kelas 8 Semester 2 Revisi Terbaru

RPP IPS 1 Lembar Kelas 8 Semester 2 – Tidak terasa ya, waktu liburan akan segera berakhir dan akan memasuki semester genap. Tentunya para pendidik atau guru akan dihadapkan kembali untuk membuat perangkat pembelajaran dan perangkat lainnya guna untuk kelancaran belajar mengajar seperti RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).


Karena selama ini guru selalu disibukkan dengan RPP yang terbilang sangat tebal. Padahal RPP yang di buat tidak digunakan saat proses pembelajaran dikelas, akan tetapi hanya di gunakan sebagai administrasi saja ketika ada pengawas sekolah.

Nah, melihat hal tersebut menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia yang baru yaitu Nadiem Makarim melontarkan gagasan sederhana RPP yang cukup dengan 1 lembar saja. Tentu saja kebijakan dari Nadiem Makarim tersebut menjadi perbincangan yang hangat di kalangan para guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, pemerhati pendidikan di tanah air dan tidak terkecuali guru mapel IPS. Karena akhirya memberikan masukan supaya tugas guru lebih efesien dan efektif dalam mendidik peserta didiknya.

Para bapak dan ibu guru memang akan disibukkan dengan berbagai macam persiapan dan juga perencanaan terkait proses pelaksanaan dikelas. Yakni mulai dari melakukan analisis minggu, hari dan jam efektif, program semester, program tahunan, menyusun silabus sampai dengan menyusun perencanaan proses pembelajaran (RPP), dan lain sebagainya.

Tentunya hal ini menjadi suatu keharusan , sebab dengan adanya persiapan dan juga perencanaan yang matang maka dalam proses pembelajaran akan bisa berjalan dengan efektif dan juga efesien.

Meskipun masih terkendala mengenai kurikulum yang digunakan pada satuan pendidikan masing-masing apakah akan menggunakan kurikulum 2006 atau 2013. Namun, di artikel kali ini kami akan memberikan RPP IPS SMP Kelas 8 Kurikulum 2013.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dilengkapi dengan Microsoft Power Point dan ada  beberapa RPP yang dilengkapi dengan videonya guna untuk menunjang dan ketertarikan siswa dalam proses belajar mengajar saat di kelas.

Setelah pembagian rapor, maka peserta didik dan guru akan menikmati liburan akhir tahun pelajaran. Tapi selepas itu, bapak dan ibu guru akan disibukkan kembali dengan membuat perangkat pembelajaran. Karena, perangkat pembelajaran dibutuhkan sekali oleh semua guru, baik itu yang mengajar di sekolah negeri maupun disekolah swasta.

Mengingat perangkat pembelajaran menjadi pedoman guru sebelum mengajar di kelas, dengan tujuan supaya materi yang disampaikan sesuai dengan silabus dan juga kurikulum yang berlaku. Nah, bagi bapak dan ibu guru yang mengajar mapel IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) SMP kelas 7 yang mungkin saat ini sedang membutuhkan perangkat pembelajaran semester ganjil, dibawah ini kami akan membagikan file yang langsung bisa di unduh :


Setiap pendidik pada suatu pendidik memang berkewajiban untuk bisa menyusun atau emmbyat RPP secara lengkap dan juga sistematis. Tujuannya supaya pembelajaran dapat berlangsung  dengan interaktif, inspiratif, menyenangkan,efisien, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan juga pekembangan fisik siswa.

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) IPS kelas 7 SMP ini disusun dan dibuat oleh guru sebagai perencanaan pembelajaran saat di kelas, penunjang dan sekaligus pedoman untuk mengarahkan peserta didiknya mencapai standar kompetensi lulusan.

Nah, perangkat pembelajaran yang kami bagikan di atas bisa bapak dan ibu guru coba gunakan untuk referensi dalam menyusun perangkat pembelajaran tahun ajaran 2019/2020. Oke, demikianlah tadi RPP IPS kelas 8 Semester genap Kurikulim 2013 yang dapat kami share kepada bapak dan ibu guru. Mudah-mudahan bisa bermanfaat yang baik. Terimakasih !

0 Response to "RPP IPS 1 Lembar Kelas 8 Semester 2 Revisi Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel